Translate

Rabu, 20 Februari 2013

EVALUASI HASIL USAHA 5 -JANICA


PENJELASAN MATERI KEWIRAUSAAHAAN
SMK NEGERI 3 PONTIANAK

MENGEVALUASI HASIL USAHA


Nama : Janica
Kelas : XII AK 1
E-mail : janica4school@yahoo.com
 photo Janica_zpsab912596.jpg

7.         &nbs p;        Faktor-faktor pendukung kegiatan usaha
Faktor-faktor pendukung kegiatan usaha dapat disebut sebagai berikut :
1.         &nbs p;        Faktor manusia
2.         &nbs p;        Faktor keuangan
3.         &nbs p;        Faktor permodalan
4.         &nbs p;        Menurut sumbernya :
a.         &nbs p;         Modal sendiri
b.         &nbs p;        Modal asing (modal luar)
5.         &nbs p;        Menurut lama penggunaannya 
a.         &nbs p;         Modal pasif jangka pendek
b.         &nbs p;        Modal pasif jangka panjang
6.         &nbs p;        Faktor organisasi
7.         &nbs p;        Faktor perencanaan
8.         &nbs p;        Faktor mengatur bisnis
9.         &nbs p;        Faktor pajak dan asuransi
10.         &nbs p;    Faktor fasilitas pemerintah
11.         &nbs p;    Catatan bisnis yang meliputi antara lain : 
a.         &nbs p;         neraca
b.         &nbs p;        laporan rugi / laba
c.         &nbs p;         perubahan modal perusahaan
d.         &nbs p;        banyaknya karyawan perusahaan
e.         &nbs p;         administrasi perusahaan
f.         &nbs p;          pemasaran dan penjualan
g.         &nbs p;         para pesaing
h.         &nbs p;         mitra bisnis
i.         &nbs p;           para pelanggan dan konsumen potensial
j.         &nbs p;          pasar yang dituju
k.         &nbs p;        banyaknya produk dan persediaan

8.         &nbs p;        Faktor-faktor penghambat kegiatan usaha
Pada dasarnya faktor-faktor penghambat kegiatan bisnis atau usaha adalah sebagai berikut : 
1.         &nbs p;        Kurangnya pengalaman di dalam usaha
2.         &nbs p;        Tidak tepat atau cocok memilih jenis usaha
3.         &nbs p;        Tidak adanya perencanaan usaha yang tepat
4.         &nbs p;        Keuangan atau permodalan usaha kurang sekali
5.         &nbs p;        Tidak adanya ketertarikan pada bidang usaha yang sedang digelutinya 
6.         &nbs p;        Tidak ada dukungan dari pemerintah daerah
7.         &nbs p;        Tidak mempunyai keahlian di dalam usaha 
8.         &nbs p;        Tidak mempunyai semangat kewirausahaan
9.         &nbs p;        Tidak percaya pada kemampuan diri sendiri

9.         &nbs p;        Rencana usaha
a.         &nbs p;         Tercapainya Sisa Hasil Usaha yang mampu mendorong pertumbuhan perkembangan usaha
b.         &nbs p;        Peningkatan Produktivitas Usaha yang Maksimal
c.         &nbs p;         Peningkatan Kesejahteraan Karyawan

10.         &nbs p;    Tujuan usaha
perencanaan usaha yaitu sebagai proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam perencanaan usaha terkandung adanya: 
1)         &nbs p;        Visi, yaitu cita-cita masa depan perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.
2)         &nbs p;        Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
3)         &nbs p;        Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut.
4)         &nbs p;        Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semua sumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki. Dalam dunia bisnis dikenal beberapa strategi yang biasa diterapkan perusahaan sebagai berikut:
a.         &nbs p;         Defender, strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih dan mempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasar
potensial yang ada.
b.         &nbs p;        Prospector, strategi bisnis yang diarahkan secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi produkproduk baru.
c.         &nbs p;         Analyzer, strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitu meniru apa yang dilakukan prospektor. Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan risiko.
d.         &nbs p;        Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnya melalui harga produk yang semurah-murahnya.
e.         &nbs p;         Diferensiasi (differentiation strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikan produk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan oleh kualitas yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancangan produk yang inovatif.
f.         &nbs p;          Fokus (focus strategy), strategi bisnis yang diarahkan dalam segmen pasar yang sempit yang dijalankan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi (differentiation focus)

11.         &nbs p;    Siapa berani coba
a.         &nbs p;         Apa yang dimaksud dengan rentabilitas?
Jawab:
Rentabilitas atau profibilitas perusahaan adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dari sejumlah dana yang diinvestasikan, untuk periode atau jangka waktu tertentu.
b.         &nbs p;        Apa yang dimaksud dengan likuiditas?
Jawab:
Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya pada saat ditagih.
c.         &nbs p;         Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi rentabilitas perusahaan!
Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi rentabilitas perusahaan adalah Total Debt to Equity, Earning Per Share, Deviden Per Share dan Price Earning ratio.
d.         &nbs p;        Apa yang dimaksud dengan inventory turn over?
Jawab:
Inventory turn over (perputaran persediaan) adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan persediaannya secara efisien.
e.         &nbs p;         Apa yang dimaksud istilah “berdiri di tempat” dalam kewirausahaan?
Jawab:
Yang dimaksud dengan berdiri di tempat dalam kewirausahaan yaitu, kita berdiri di tempat untuk mendengarkan komplen-komplen dari pelanggan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar